Type Here to Get Search Results !

Nagari Balah Aie Gelar Seni Budaya Uluambek,Randai serta Indang

Seni Budaya Uluambek Minangkabau

Klikrealita.com Padang Pariaman. Seni Tari Uluambek minangkabau yang berasal dari Padang Pariaman digelar di Korong Toboh Mandailiang (Minggu,17/12)

Tari Seni Beladiri Uluambek yang digelar sekarang dalam rangka Alek Nagari pada pengangkatan penghulu adat Nagari Balah Aie Jamalis DT Jampono di  Kecamatan VII Koto Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman. 

Seni Uluambek yang ditampilkan sekarang berasal dari keselarasan Nan Sabaris, Enam Lingkung, Lubuk Alung dan 2×11 Sicincin.

Tari Uluambek merupakan kesenian tradisional adat Minangkabau yang diperankan oleh dua anak laki laki dengan seni gerak silat yang berbasiskan ajaran islan yang disebut dengan aliran Syatariah dengan pergerakan menyerang dan menangkis.

Pertunjukan Uluambek ini menyerupai pantonim persilatan yang memiliki ketrampilan gerakan gerakan menyerang dan menangkis tanpa kontak fisik.

Gerakan gerakan tersebut diiringi dengan dua orang pemandu vokal yang disebut "dampeang".

Joni Priadi Walinagari Balah Aie 

Walinagari Balah Aie Joniqq Priadi menyebutkan " alek nagari akan digelar 12-26/12/23 dalam rangka pengangkatan penghulu adat Jamaris Datuk Jampono yang bersuku Mandailiang sebagai penerus pucuk adat dikaumnya.

Labih lanjut Joni menyampaikan, selain pengukuhan gelar Datuk Jampono, juga dilantik seorang Khatib dan seorang Labai Nagari kaum Mandailiang.

Serangkaian kegiatan Alek Nagari tidak hanya menampilakan Seni Uluambek juga menampilkan kesenian tradisional Randai pada malam hari dan Seni Indang yang akan digelar beberapa malam berikutnya yang dikenal dengan, "Uluambek bajalan Siang, Randai bajalan malam" artinya Uluambek digelar pada siang hari sedangkan Randai disajikan malam hari.

Selain Randai dan Seni Uluambek alek nagari juga akan menampilkan Seni Indang tradisional pada hari Rabu 20/12, menampilkan Seni Tradisi Indang Piaman selama enam malam (3kali naik)

Kepada masyarakat Padang Pariaman agar dapat menyaksikan tampilan kegiatan kesenian yang akan digelar dinagari Balah Aie.

Tujuan utama dari kegiatan ini bagaimana kita menyajikan dan melestarikan kearifan lokal kita tentang seni adat budaya Minangkabau sampai ke dunia luar," harap Joni.
(SB Sutan Pamenan)

Posting Komentar

0 Komentar

Below Post Ad