Type Here to Get Search Results !

Hama wereng merebak, patani padi merugi hingga puluhan juta


Kondisi Padi Petani terserang hama wereng di Nagari Campago Selatan, Kec V Koto Kampung Dalam

Klikrealita.com, Padang Pariaman. Hama Hereng kembali melanda padi petani di Campago Selatan Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman.


Puluhan Hektar tanaman padi disawah petani gagal panen hingga berulang kali, akibatnya para petani dilokasi tersebut merugi hingga puluhan juta.

Merebaknya hama wereng cukup membuat resah para petani padi, sehingganya petani patani tersebut membajak kembali sawah untuk ditanami ulang.

Menurut salah seorang patani sawah Sdr Lukman yang juga juga seorang  Ketua Kelompok Tani di Campago Selatan menuturkan kekecewaanya terhadap gagalnya petani tersebut menikmati hasil pertanianya.


"Hama wereng ini sudah lama menyerang tanaman padi kami, namun sampai sekarang belum ada obat dan cara pemberantasan hama tersebut, dan ironisnya lagi para PPL / Penyuluh belum menampakan batang hidung untuk memberikan solusi terhadap penyakit Hama Wereng yang telah merusak tanaman padi kami"ucap Lukman.

Lukman berharap kepada Pemerintah Dinas Pertaniam dan Tanaman Pangan Padang Pariaman beserta PPL agar mencarikan solusinya yang tepat, agar petani padi tidak selalu merugi", tutupnya.


Kepala Bidang TPH ( Tanaman Pangan dan Hultikultura ) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Salmiati menyampaikan "agar petani padi tersebut menganti variates padi Jenis Batang Piaman, sebab Variates padi Batang Piamanlah yang bisa memutus siklus hama wereng tersebut.

Terkait solusi dan kunjungan Penyuluh, Salmiati akan memanggil para Korluh Kecamatan tentang kondisi ancaman hama wereng sampai dimana penyerangan, apakah termasuk zona merah atau tidak," suhut Kabid. (SB Sutan Pemenan)


Posting Komentar

0 Komentar

Below Post Ad