Type Here to Get Search Results !

Pengunjung Keluhkan Fasilitas Umum di ASB

 

Jakarta - Klikrealita.com,  Sebagian wisatawan yang berkunjung ke Anjungan Sumatera Barat yang terletak di TMII ( Tamain Mini Indonesia Indah ) keluhkan sarana umum yang tidak memadai seperti MCK dan Toilet Umum yang tidak mampu menampung padatnya pengunjung untuk buang air kecil maupun besar.


Fasilitas Toilet hanya 1 Unit yang terdapat di bangunan baru Pos Satpam, itupun tanpa didukung air yang tidak memadai alias kering ketika kami berkunjung dilokasi Minggu, 6/5/23.


Tidak hanya fasilitas jamban yang dikeluhkan, bahkan ketika hujan kantor tempat karyawan bertugas di ASB tersebut juga kebanjiran hingga  kebeberapa ruang kerja.


"Air menguap begitu cepat sehingga mengenangi ruang kerja pegawai yang berkantor disana, hal tersebut dikarenakan draenase alias saluran air dibangun lebih tinggi dari lantai dasar kantor dan air sangat mudah menguap melalui saluran pembuangan", Ucap salah seorang pegawai disana.


Kepala Anjungan Virse yang akrab disapa bu Ita membenarkan hal demikian ketika dikonpirmasi Wartawan Media Klikrealita.com (11/5) menyampaikan "kami sudah berupaya dan memberitahukanya kepada Kepala Badan Penghubung Pemprov Sumatera, tetapi sampai saat sekarang belum ada tanda tanda akan dibangun lagi semenjak toilet yang lama dibongkar,, melainkan pos satpam duluan yang diberdiri.


Terkait satu toilet yang terdapat di Pos Satpam itu juga bukan untuk fasilitas umum para pengunjung ASB, melainkan hanya untuk Satpan yang berjaga disana dan itupun kami pakai hanya untuk sementara karena fasilitas toilet untuk umum belum dibangun.


Sebenarnya kami juga belum berani mengunakan toilet tersebut, tetapi mengingat banyaknya keluhan pengunjung, akirnya kami manfaatkan saja dulu,  konon katanya bangunan tersebut sampai sekarang belum serah terima.


Sebelum toilet yang ada di Pos Satpan yang baru itu dibangun, sebagian pengunjung numpang toilet di Anjungan Provinsi Terdekat, dan bahkan kami mengizinkan toilet dikantor untuk digunakan". jelas Ita Kasi Proda ( Promosi Daerah ).


Lebih lanjut Bu Kasi Proda juga berharap kepada Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat melalui Badan Penghubung yang ada di Jakarta agar keluhan pengunjung ASB tidak lagi keluhkan Fasitas di Anjugan Provinsi Sumatera Barat.


Anjungan Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu anjungan yang sangat banyak diminati, bahkan menjadi kunjungan paforit di antara anjungan lainya bagi pengunjung yang berlibur ke Taman Mini Indonesia Indah.


Selain orang Minang yang berasal dari Sumatera Barat juga banyak dikunjungi oleh pengunjung wisatawan luar Sumbar, bahkan turis asingpun menggagumi keberadaan Anjungan Sumatera Barat dibandingkan anjungan lainya.


Kepala Badan Penghubung Provinsi Sumatera Barat  Aschari  Cahyaditama, S.STP, M.Soc, SC, P.Hd ketika dikompirmasi wartawan media ini melalui pembicaraan What App (11/05 )  terkait Fasum yang kurang memadai menyampaikan "semenjak fasilitas toilet kami di ASB itu dibongkar pihak TMII, kami sudah mengusulkan kepada Pemprov Sumbar untuk dibangun kembali nyatanya sampai saat sekarang belum juga terlaksana.


Menyinggung pemakaian toilet yang ada di Pos Security itu,, Ari menegaskan belum boleh digunakan, karena bangunan tersebut belum diserahterimakan antara pihat Rekanan dengan Pemprov Sumbar dibawah pengelolaan Badan Penghubung Sumatera Barat di Jakarta, meskipun pengerjaanya sudah lama selesai sejak akhir 2022 tahun lalu" tegas Ari.

(SB Sutan Pamenan)

Tags

Posting Komentar

0 Komentar

Below Post Ad