Type Here to Get Search Results !

Syauqi : Membangun Perekonomian Masyarakat melalui Centra Durian

 

Klikrealita.com Padang Pariaman. Puluhan ribu bibit Durian Musangking disalurkan untuk membangun perekonomian masyarakat Padang Pariaman melalui sektor tanaman Durian.


Syauqi Perantau Minang di tanah Pasundan kini mengabdikan diri ditanah kelahiranya Padang Pariaman tepatnya di Pakandangan Kecamatan Nan Enam Lingkung.


Pada hari ini Rabu, 30/11/22 Relawan Syauqi membagikan sepuluh ribu bibit Durian Musangking untuk masyarakat Pakandangan di Kecamatan Enam Lingkung.


Menurut Syauqi "Saya lahir, sekolah dan tanah tumpah saya di daerah ini. Dan kegiatan pembagian bibit ini semata untuk pengabdian, sekaligus mengembalikan pola yang dulu sebagai pembeli menjadi produsen durian dengan kembali membudidayakan variates Durian Musangking, gagasnya. 



Syauqi, Enam Lingkung punya lima nagari, yakni Pakandangan, Parit Malintang, Gadur, Koto Tinggi, dan Toboh Ketek. Dan seluruh rumah di lima nagari itu kebagian bibit ini.


"Dulu, kita terkenal dengan produk durian. Banyak kampung dan korong yang menghasilkan durian," katanya.


Namun, katanya, sekarang sudah berubah dari produsen ke konsumen. Artinya, Enam Lingkung jadi pembeli durian keluar.





Dengan melahirkan konsep tersebut secara tidak lansung kita sudah membangun perekonomian masyarakat hendaknya."


Syauqi akan memenuhi sepanjang masyarakat Padang Pariaman merespon permintaan menurut Pengusaha Kampoeng Roti tersebut, akan datang 5000 batang bibit lagi yang akan datang untuk masyarakat luar Enam Lingkung sepanjang masyarakat masih semangat untuk menanam Bibit Durian tersebut.


Variates Durian Musangking yang memiliki nilai ekonomi tinggi, Syauqi berharap akan membuat daya ungkit 


Dia menyampaikan terima kasih kepada Bupati Suhatri Bur bersama sejumlah pejabat terkait, yang ikut respon dengan program pemberdayaan yang dia lakukan itu.


Lewat 10.000 bibit durian musangking yang tersebar di seluruh pelosok kampung di Padang Pariaman, Syauqi mengembalikan daerah ini sebagai sentra durian.


Dalam pembagian bibit durian sekarang ini ratusan masyarakat penerima manfaat Bibit Durian Musangking.


Kegiatan yang dihadiri Bupati Suhatri Bur beserta Beberapa kepala Dinas, Camat, dan Walinagari se Kecamatan Enam Lingkung. ( S_Y)


Posting Komentar

0 Komentar

Below Post Ad