Type Here to Get Search Results !

Peringatan Hari Pahlawan di Solok Selatan, Untuk Renungan dan Tumbuhkan Semangat Juang

 

PARIWARA PEMKAB SOLOK SELATAN - Pelaksanaan upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 di Solok Selatan berlangsung khidmat. Upacara ini dilangsungkan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur merebut kemerdekaan Indonesia sekaligus memanjatkan doa terbaik bagi seluruh Pahlawan Bangsa ini.



Wakil Bupati Solok Selatan, H. Yulian Efi, saat membacakan naskah amanat Menteri Sosial mengatakan peringatan Hari Pahlawan ini ditujukan sebagai renungan dan menghidupkan kembali semangat juang para pahlawan.



"Hari Pahlawan setiap tahun kita peringati dengan renungan yang sungguh sungguh untuk menemukan kembali jejak para Pahlawan dalam hidup kita sebagai Bangsa dan Negara Merdeka. Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para Pahlawan Bangsa. Dari para Pejuang yang gugur dalam medan  pertempuran mempertahankan Kemerdekaan, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya," kata Yulian, Kamis (10/11/2022).


Pada masa itu, lanjutnya, para pahlawan hanya dengan senjata seadanya tanpa gentar melawan tentara musuh yang bersenjata lengkap. 



Di masa kini, perjuangan juga masih belum berakhir kendati kemerdekaan sudah berhasil direbut. Ancaman baru kembali hadir dalam bentuk pemanasan global yang memicu bencana alam, kelangkaan pangan, energi, dan air bersih.


Ini menjadi tantangan bagi generasi muda untuk senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan. Indonesia saat ini sudah dibekali dengan modal dasar perjuangan ini, namun harus mulai melakukan perjuangan dalam hal  pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbaharukan serta melakukan pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan, dan memperkuat keragaman pangan.



Selain itu, juga mengelola sumber daya air secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan sumber daya air yang diharapkan dapat menopang keberlangsungan hidup dan kehidupan generasi kini dan generasi mendatang.




Ancaman selanjutnya berasal dari kemiskinan dan kebodohan. Untuk itu perlu dilakukan peningkatan pengetahuan, melatih keterampilan, sampai dengan budi daya dan pengelolaan hasil bumi.


"Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi para Pejuang Muda untuk mengelola kekayaan alam Indonesia yang luar biasa bagi kejayaan Bangsa dan Negara tercinta. Mari kita merajut kesejahteraan, menjadi Pahlawan Bangsa di masa depan," lanjutnya.


Dalam amanat ini disampaikan amanat untuk berantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah–belah Bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. 


"Kita lawan paham radikal, kita tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah," lanjutnya.


Pahlawan akan menjadi teladan bagi kita mengarungi masa–masa penuh tantangan. Teladan bagi kita menata masa depan dan menjadi Pemenang. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2022.



Upacara peringatan Hari Pahlawan di Halaman Kantor Bupati Solok Selatan dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Kepala Kejaksaan Negeri, Kapolres, Dandim 0309, TNI/Polri, Ketua TP-PKK, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD dan seluruh ASN lingkup pemerintahan Kabupaten Solok Selatan.


Dalam kesempatan ini juga dihadirkan perwakilan veteran yang ada di Solok Selatan.


Untuk pengisi acara, korsik berasal dari SMP N 3 Solok Selatan, penggerek bendera dari SMA N 3 Solok Selatan, dan pembaca pesan pahlawan dari SMP N 14 Solok Selatan.


Usai upacara, pemerintah Kabupaten Solok Selatan memberikan bingkisan dan mengadakan temu ramah dengan veteran. (Adv).

Posting Komentar

0 Komentar

Below Post Ad