Type Here to Get Search Results !

Tanpa judul

 


MAKERS OF NEWS

Oleh: Sutan Palala


Hubungan antara media dengan politisi atau pemerintah sudah berjalan sekian lama, dan huungan itu bisa dikatakan tidak bisa dipisahkan anatar keduanya, bukan saja wartawaan membutuhkan politisi atau pejabat pemerintah sebagai sumber informasi (Maker Of News), tetapi juga para politisi maupun pejabat pemerintah memerlukan media untuk menyampaikan pikiran-pikirannya maupun kebijakan yang mereka ambil untuk kepentingan orang banyak. 


Namun, disisi lain hubungan itu cukup rawan jika para pekerja media tidak hati - hati menjalankan tugas kewartawannya secara profesional sebab hal itu bisa menimbulkan delik hukum. Perkembangan teknologi komunikasi, globalisasi, liberalisasi, dan komersialisasi telah memunculkan pergeseran. Media massa tumbuh tidak hanya menjadi kekuatan pengontrol kekuasaan tetapi telah menjadi kekuatan politik, ekonomi dan budaya.


Pergeseran ini terjadi karena adanya para elit politik yang ingin merusak keuntungan material dari perusahaan media dan juga adanya kebutuhan non material yang berusaha dia penuhi, dengan adanya para pengusaha elit politik dalam media membuat segala pemberitaan media itu sendiri bisa dikategorikan sebagai settingan dari para pemilik. (NaH)  


 

Posting Komentar

0 Komentar

Below Post Ad