Type Here to Get Search Results !

Gubernur Sumbar Mahyeldi, BLUD Mudahkan Mekanisme Pengelolaan Rumah Sakit

 

Gubernur Mahyeldi Saat Berada di RSUD Pariaman


Pariaman, realita.com - Dengan adanya Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) akan dapat meningkatkan pelayanan dan kenyamanan pasien di RSUD Pariaman.

Hal ini dikatakan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi pada saat mengunjungi RSUD Pariaman, Rabu (28/7).

Mahyeldi mengatakan bahwa struktur pengelolaan RSUD Pariaman ialah melalui Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

“Ini kan sudah BLUD, kita punya tanah dibelakang seluas 2,1 Hektare, maka dari itu BLUD bisa bekerja sama dengan pihak ketiga, tak mesti dikelola melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD),” ujar Mahyeldi saat ditemui wartawan di RSUD Pariaman.

Dirinya mengunjungi RSUD Kota Pariaman ialah supaya memang kedepannya sarana prasarana dan pelayanan rumah sakit menjadi lebih baik, untuk kepentingan masyarakat.

Ia menyebutkan bahwa dibuatnya BLUD, dimaksudkan untuk memudahkan mekanisme atau pola rumah sakit.

“Jadi uang yang terkumpul bisa langsung digunakan, ndak mesti harus melalui Pemerintah Provinsi, itulah keuntungan BLUD,” kata dia.

Menurutnya, RSUD Pariman merupakan rumah sakit tipe B di Sumbar. Rumah sakit tipe B ini tentu melayani rumah sakit tipe C dan D yang ada di kabupaten/ kota lainnya di Sumbar.

Artinya keberadaan rumah sakit ini sangat strategis dalam rangka untuk rujukan dari rumah sakit lainnya di 4 daerah lainnya, yaitu dari Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Padang Pariaman, dan Kota Pariaman.

Pada kesempatan itu,  Mahyeldi juga menyebutkan persediaan oksigen di daerahnya aman dan tercukupi, hal tersebut juga berkat koordinasi yang baik serta berkat dukungan dari kepala daerah lainnya.

“Insha Allah, oksigen kita aman untuk Sumatera Barat, karna Alhamdulillah kemarin dan tadi pagi (Rabu, 28/7/2021) kami juga berkoordinasi dengan 4 orang kepala daerah lainnya, yaitu dengan Gubernur Riau, Gubernur Kepulauan Riau, Gubernur Sumatera Selatan, dan Gubernur Jambi,” kata Mahyeldi.

Hingga kini pihaknya terus memobilisasi bantuan oksigen dari Sumsel.

“Saya juga sudah perintahkan bagian perdagangan, perhubungan, dan BPBD untuk menjawab itu, kapan perlu hari ini, bolak balik terus, sehingga memang persediaan kita mencukupi,” tegas Mahyeldi.

Terkait bantuan oksigen tersebut, ia menyebut bahwa berapapun yang diperlukan akan dibantu oleh pihak-pihak tersebut.

“Alhamdulillah Sumatera Utara juga begitu, siap membantu, Riau juga sudah membantu, sekarang tinggal mobilisasi oksigen dari daerah-daerah tersebut,” kata dia.

Ia juga tak lupa ucapkan terima kasih kepada gubernur-gubernur tersebut karna telah mambantu persediaan oksigen untuk daerahnya.

“Kita tadi juga melaksanakan webinar dengan sejumlah kepala daerah, mengenai sinergitas, bukan hanya soal penanganan Covid-19, juga soal pertumbuhan ekonomi,” tutup Mahyeldi. (suger)

Posting Komentar

0 Komentar

Below Post Ad